Anggaran Besar, DPRD; Program Harus Menyentuh Masyarakat

Anggaran Besar, DPRD; Program Harus Menyentuh Masyarakat
Anggaran Besar, DPRD; Program Harus Menyentuh Masyarakat

Lensakalltim.com (Kutim) – Dinilai hanya menghamburkan anggaran, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), dr Novel Tyty Poembonan, menyoroti agenda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim terkait kegiatan yang dianggap tidak penting.

Mestinya, pihak pemerintah fokus pada program-program yang memberikan dampak langsung kepada masyarakat. Bukan hanya agenda seremonial.

Ia mengungkapkaan, perlunya kerjasama yang baik antara pemerintah dan DPRD untuk menciptakan program-program yang memprioritaskan kepentingan masyarakat dasar yang terintegrasi dan konferhensip.

Dalam konteks ini, Novel mengusulkan untuk mengurangi perjalanan dinas yang tidak perlu dan menghindari kegiatan hajatan yang tidak memiliki urgensi yang cukup.

Anggaran Besar, DPRD; Program Harus Menyentuh Masyarakat

Menurutnya, dana yang biasanya digunakan untuk kegiatan hiburan yang disebut “happy-happy” tersebut, sebaiknya dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur di daerah yang masih tertinggal.

“Kurangi-kurangi perjalanan dinas dan hajatan-hajatan yang tidak terlalu penting, mendingan uang itu dimanfaatkan pembangunan daerah. Tidak ada yang Nampak kalau hanya agenda begitu,” tegasnya.

Mestinya, lanjut Novel, bahwa hal tersebut membantu memperbaiki kualitas hidup masyarakat dan memberikan manfaat yang jauh lebih nyata dalam jangka panjang.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendorong pemerintah Kutim untuk mempertimbangkan ulang penggunaan anggaran dan fokus pada program-program yang berdampak positif bagi warga Kutim.

“Sebab, keputusan pemerintah terkait permintaan ini akan menjadi sorotan utama dalam pembahasan anggaran dan kebijakan daerah di masa mendatang. Sebagai DPRD salah satu tugasnya pengawasan, tenntu akan mengevaluasi ini,” pungkas dr. Novel T Paembonan (adv/*/lk01).

Pos terkait