Bupati Buka Sosialisasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Tenaga Makro

Bupati Buka Sosialisasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Tenaga Makro
Bupati Buka Sosialisasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Tenaga Makro

Lensakaltim.com (Kutim) – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, menggelar sosialisasi dan penyusunan dokumen perencanaan tenaga makro 2021-2026, pada Rabu (8/11/2023).

Dibuka oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, sosialisasi itu diharapkan mampu memberikan pemahaman yang jelas, sehingga masyarakat dapat mengetahui secara pasti terkait dengan program pemerintah mengenai penyerapan tenaga kerja.

“Bagi saya ini sangat penting. Karena sesuai dengan visi-misi waktu kampanye terlebih dalam mewujudkan 50 ribu tenaga kerja di Kutim. Ini tidak hanya formal namun juga informal,” ungkap Ardiansyah Sulaiman.

“Dari 2021-2023, data yang kami peroleh angka 42 ribu tenaga kerja yang sudah terserap. Mungkin ini menjadi peryataan dan perdebatan sebagian orang mengenai pencapaian jumlah tersebut, namun melalui instansi terkait data itu menjadi valid dan bisa dipertanggungjawabkan,” tegas Ardiansyah Sulaiman.

Bupati Buka Sosialisasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Tenaga Makro

Sementara itu, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sudirman Latif, mengungkapkan bahwa agenda sosialisasi dan penyusunan dokumen perencanaan dilakukan secara bertahap dan terkoordinasi dengan jelas. Harapanya, melalui kegiatan sosialisasi ini dokumen yang ingin dicapai bisa terwujud.

“Tersusunya dokumen tenaga kerja sehingga bisa menjadi momen strategis. Pelatihan dilakukan secara bertahap dengan tiga kali pertemuan. Termasuk ada pertemuan secara online serta offline,” beber Sudirman Latif.

“Peserta dari sosialisasi diikuti 20 opd terkait, yang berhubungan langsung dengan ketenagakerjaan di Kutim. Termasuk dinas perhubungan, kelautan, pertanian dan pendidikan,” ungkap Plt Administrasi Umum Pemkab Kutim.

Sebagai informasi, pada sosialisasi itu Disnakertrans Kutim menghadirkan dua orang narasumber. Yakni Rini Nurhayati, Sub koordinator bidang ketenagakerjaa Kementerian tenaga kerja dan Nur Ersandi, Sub kordinator bidang ketenagakerjaan Disnaker Kota Samarinda. (adv/lk01)

Pos terkait