Pemkab Kukar Lakukan Kerjasama Dengan Pihak IPB

WhatsApp Image 2024 03 04 at 12.17.13
Foto : Sekda Kukar Sunggono melakukan kerjasama dengan pihak IPB. (Humas Pemkab)

Lensakaltim.com (Kukar) – Pemkab Kukar melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam meningkatkan akurasi data desa, di Gedung Senat Akademik Rektorat IPB, beberapa waktu lalu,

Hal ini sebagai upaya merumuskan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran, data akurat dan valid terkait dengan kesejahteraan, sosial, infrastruktur pada tingkat desa dan kelurahan.

Bupati Kutai Kartanegara yang diwakili Sekretaris Daerah Sunggono menyampaikan
bahwa isu akurasi data pembangunan menjadi permasalahan klasik, dimana data yang tersedia masih bersifat makro, yakni dalam tatanan statistik regional tidak detail khususnya program-program yang membutuhkan data By Name By Address.

“Maka data ini cendrung tidak tersedia dan jikapun tersedia memiliki tingkat error yang cukup tinggi sehingga rentan menimbulkan polemik dan berdampak pada sasaran program yang belum optimal,” katanya.

Sinergitas antara Pemkab Kukar dan IPB dalam hal penyediaan data desa presisi diharapkan menjadi landasan dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan implementasi kebijakan yang dampaknya akan dirasakan masyarakat.

Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB Sofyan Sjaf memaparkan bahwa data desa presisi adalah hasil dari pengembangan big data dan teknologi yang akan memberikan data tentang kemiskinan, stunting, jumlah penduduk dan informasi penting lainnya demi tujuan pembangunan yang lebih baik.

“Pemanfaatan teknologi ini memiliki tingkat akurasi tinggi dan menggambarkan kondisi aktual desa,” ujarnya.

Setelah penandatangan tersebut acara dilanjutkan dengan diskusi pendalaman secara teknis, bagaimana nanti mekanisme data tersebut diperoleh dan data apa saja yang menjadi kebutuhan Pemkab Kukar sekaligus sinkronisasi atas kerjasama data desa presisi yang telah dilakukan Pemprov Kaltim dengan tim Data Desa Presisi (DDP) IPB sebelumnya. (Rh)

Pos terkait