Dispora Kukar Siapkan Lomba Lari Nasional dan Kabupaten

WhatsApp Image 2023 11 07 at 19.45.06 2
Kepala Dispora Kukar Ali Ali Husni. lensakaltim.com

lensakaltim.com Kukar – Dua lomba lari untuk tingkat kabupaten dan nasional disiapkan Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara. Seluruh lomba, menurut rencana, dipusatkan di Tenggarong. Peserta lomba lari tingkat kabupaten adalah kalangan pelajar dan masyarakat umum.

“Khusus pelajar, rute yang dilalui adalah 5 kilometer. Kategori umum sejauh 10 kilometer. Rutenya di jalan utama Kota Tenggarong,” demikian Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, selepas upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Halaman Kantor Bupati Kukar, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Husni mengatakan, lomba tingkat kabupaten dilaksanakan dalam waktu dekat. Pesertanya dibatasi sebanyak 400 orang.

Dispora Kukar menggandeng Asosiasi Duta Wisata Indonesia untuk makin memperluas promosi kegiatan. Langkah itu juga disebut bertujuan menyukseskan kegiatan.

“Untuk lomba lari tingkat nasional, kuota pesertanya masih belum ditentukan,” jelasnya.

Namun demikian, Husni memperkirakan, kuotanya sekitar 700 sampai 800 peserta. Para pelari akan melintasi jalan protokol Tenggarong sejauh 10 kilometer.

Sejauh ini, beberapa komunitas pelari di Kukar antusias dengan rencana tersebut. Husni mengatakan, kepastian tanggal pelaksanaan dan hadiah yang disiapkan panitia segera diumumkan.

Dispora berharap kegiatan nasional ini menjadi branding event lari di Kukar. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah khususnya dari sektor pariwisata. (*advdiskominfokukar)

Pos terkait