Pemkab Kukar Bakal DIstribsikan Kendaraan Pengangkut Sampah Di 20 Kecamatan

WhatsApp Image 2024 03 31 at 3.32.21 PM
Foto : Armada kendaraan pengangkut sampah DLHK Kukar. (Istimewa)

Lensakaltim.com (Kukar) – Kendaraan operasional pengangkut sampah tahun 2024 bakal di distribusikan di sejumlah kecamatan di Kukar oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kutai Kartanegara (DLHK Kukar).

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, DLHK Kukar, Irawan mengatakan, pada 2022 lalu, pihaknya sudah menyalurkan 13 unit kendaraan pengangkut sampah di sejumlah kecamatan.
“Tahun 2024 ini kami akan mengadakan beberapa unit untuk mem-back up alat angkut di beberapa kecamatan,” sebut Irawan.

Pemkab Kukar sendiri menargetkan armada pengangkut sampah ini tersebar di 20 kecamatan. Sehingga permasalahan sampah dapat langsung ditangani masing-masing kecamatan.
“Karena pak Bupati menginginkan masalah sampah selesai di kecamatan, karena mereka tau persis wilayahnya,” sambungnya.

APBD Perubahan 2023 lalu, DLHK Kukar juga telah melakukan pengadaan kendaraan pengangkut, pembersih, hingga penyedot sampah. Diantaranya 5 unit Dump truck sampah, 4 unit Arm Roll, 5 unit kendaraan Compactor, dan 1 unit kendaraan Road Sweeper.

Namun, sejumlah kendaraan tersebut diperuntukan di wilayah Kecamatan Tenggarong. Salah satunya mobil penyapu jalan atau Road Sweeper yang digunakan di kawasan jalur protokol.
“Kemarin sudah kita uji cobakan, kalau Road Sweeper kita tidak gunakan tiap hari tapi saat kondisi tertentu saja,” tutupnya. (Rh)

Pos terkait