Peningkatan Pertanian, DPRD Minta Pemerintah Lakukan Pemetaan

Peningkatan Pertanian, DPRD Minta Pemerintah Lakukan Pemetaan
Peningkatan Pertanian, DPRD Minta Pemerintah Lakukan Pemetaan

Lensakaltim.com (Kutim) – Anggota Dewann Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) David Rante, mengungkapkan bahwa strategi pemerintah dalam pembangunan pertumbuhan ekonomi, tentunya harus didukung sejumlah indicator

Menurut politisi Gerindra itu, dari segi wilayah, apa yang telah dilakukan pemerintah saat ini, perlu melalui hak tentang kemajuan di tiap wilayah. “Misalnya saja soal pengembangan wilayah pertanian, kira-kira daerah mana yang berpotensi,” terang David Rante, saat dikonfirmasi sejumlah awak media diruang kerjanya belum lama ini.

Anggota Komisi B DPRD Kutim itu menjelaskan, bahwa perlu pengklasifikasian wilayah yang cocok untuk pertanian dengan wilayah yang tidak cocok pengembangan pertanian. Karena tidak semua wilayah di Kutim, cocok untuk lahan pertanian contohnya padi.

“Tentu ada daerah kita di Kutim ini yang tidak cocok dengan padi, tapi ada juga yang memang dasarnya padi. Salah satunya yang berkembang sekarang kan di Kaubun,” paparnya.

Peningkatan Pertanian, DPRD Minta Pemerintah Lakukan Pemetaan

Ia mengungkapkan, bahwa dalam penataan strategi itu berdasarkan wilayah, dibentuk sentra-sentra wilayah pertanian.

“Jadi tidak melulu semuanya tanaman sawit yang jangka panjang, walaupun memang pada dasarnya dan umumnya kita di Kutim mayoritas tanaman sawit. Tapi kebutuhan-kebutuhan lainnya, juga perlu dipertimbangkan,” pintahnya.

Lebih lanjut, Ia menegaskan berdasarkan persentase hasil dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama terkait dengan pertanian, dikatakan sudah berhasil.

“Tetapi setelah dilakukan pemeriksaan di lapangan, masih menimbulkan tanda tanya terkait yang disampaikan. Tentu ini perlu dilakukan pendalaman lebih lanjut,” tutupnya. (adv/ik/lk01)

Pos terkait